Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort

February 08, 2019
Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort


Sebagai orang yang datang dari negara beriklim tropis, saya tidak mau menyiakan kesempatan saat musim dingin di Korea Selatan datang. Selain dapat melihat dan merasakan salju, satu hal yang perlu dicoba adalah bermain ski. Kalau di Indonesia hanya ada ice skating, di sini ada olahraga ski dan snowboard langsung di tanah bersalju.

Saya pertama kali mencoba bermain ski pada tahun 2012 di Alpensia Resort, Provinsi Gangwon. Dengan segala keterbatasan, beberapa kali saya terjatuh. Maklum saja, ini kan pertama kalinya. Di tahun 2019 ini, saya dan teman-teman pergi ke Muju Deogyusan Resort, Provinsi Jeolla menghabiskan waktu di libur Seolnal.


Peraturan untuk bermain ski di semua ski resort umumnya sama. Kita harus mengenakan pakaian dan peralatan khusus untuk bermain ski. Jadi lokasi pertama yang dikunjungi adalah tempat peminjaman atribut dan peralatan ski. Atribut seperti pakaian (baju dan celana), sepatu, kacamata, dan helm disewakan kecuali sarung tangan, yang harus dibeli.

Setelah atribut dan peralatan ski siap, waktunya menuju ke lapangan untuk uji coba!

Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort
Sudah siap mencoba ski? (photo by Dion)

Takut sudah pasti. Apalagi bila melihat orang-orang yang menuruni jalur bermain ski dari ketinggian. Bagi mereka yang sudah bisa atau tingkat menengah ke atas, bisa mencoba bermain ski dari puncaknya. Maka tiap ski resort menyiapkan gondola untuk naik ke atas. Biaya naik gondola pp sekitar 16ribu won per-orangnya. Kalau mau ke atas tanpa bermain ski juga boleh, banyak juga pengunjung yang hanya pp gondola untuk melihat dari puncak kok.

Bagi saya dan teman-teman yang masih pemula, perlu berlatih dahulu di tempat yang ditentukan. Sebelum bermain, saya diberitahu caranya oleh teman Korea yang sudah terbiasa bermain ski. Sesungguhnya caranya sangat mudah, teorinya adalah meluruskan papan ski bila berjalan dan membentuk huruf A pada papan ski bila ingin memperlambat kecepatan ataupun menghentikannya. Prakteknya? Berjalan bisa, yang sulit biasanya saat memegang kendali untuk berhenti (rem).

Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort
Berlatih ski di tempat latihan khusus pemula

Saat mencoba ski di tempat latihan, saya tidak menghadapi kesulitan berarti dikarenakan ketinggian yang tidak terlalu landai. Setelah beberapa kali bisa, saya mencoba bermain di tempat yang tingkat kesulitannya sedikit lebih tinggi. Letaknya persis di belakang tempat latihan pemula, di sini turunannya agak sedikit curam. Alhasil saya-pun terjatuh terus saat rem. Hahaha!

Sakit, iya. Tapi tidak terluka, karena mengenakan helm dan tidak terjatuh ekstrim. Oh ya, pada saat jatuh karena mau rem, yang terpenting adalah tidak menopangkan tangan. Kata teman saya, biarkan saja badan jatuh ke salju. Aha dingin!



Waktunya Bermain Salju!


Hal lain yang saya dan teman-teman lakukan selain ski, tentu saja adalah berfoto! Setelah makan siang, kami memutuskan untuk bermain salju dan foto-foto saja. Maklum bermain ski itu bikin badan pegal-pegal terutama kaki yang terus dibalut dengan sepatu berat.

Nah, kami mengambil spot di ujung yang tidak banyak orang lalu lalang. Beberapa anak kecil saat itu terlihat sedang membuat boneka salju mini. Dan begitu pula dengan kami!

Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort
Berlomba membuat boneka salju mini

Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort

Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort
Perang Salju!

Bermain Ski di Muju Deogyusan Resort
Tiduran di salju?


Bermain ski itu pengalaman yang berkesan!
Kalau ditanya mau ski lagi atau tidak, saya akan jawab dengan iya! Kapan lagi kan bisa mencoba bermain ski selain di negara dengan empat musim?



All photos by @danielapriantono.



Muju, 5 Februari 2019.
#ski #muju #lifeinkorea #southkorea

No comments:

Powered by Blogger.