How to Apply for D-10 Visa in South Korea?

January 15, 2021


Sebelum menyandang gelar S2 di salah satu universitas di Korea, saya bertanya beberapa kali ke diri sendiri. Pulang atau mencoba kesempatan kerja di Korea?

Akhirnya saya memutuskan untuk tetap stay di Korea sambil mencari peluang kerja. Karena visa yang saya miliki adalah D-2, ternyata bisa langsung ubah menjadi D-10 (구직 비자) yaitu visa mencari kerja. Selama memegang ARC ini, saya bisa tetap stay di Korea selama 6 bulan, magang, atau masa prohibition kerja. Namun tentunya bila kamu diterima magang atau kerja, perlu lapor ke imigrasi.


Anyway, untuk apply D-10 pertama kali tidaklah susah. Saya akan membagikan pengalaman saya saat apply D-10 pertama kali beserta tipsnya!


*Perlu diketahui
Visa D-2 saya berakhir di akhir September 2020, dan saya apply pada 31 Agustus 2020. Maka, D-10 visa saya terhitung dari September 2020 hingga akhir Februari 2021. Informasi yang saya bagikan adalah pengalaman saya saat itu, jadi mohon tetap update dengan imigrasi siapatahu terdapat perubahan.

Jika kamu sudah mendapat kerjaan sebelum visa D-2 habis, baiknya langsung apply visa E7 or F2(7). Namun bila belum mendapatkan kerjaan atau hanya magang, silakan ubah ke D-10. Alasan saya ubah ke D-10 juga karena saya mulai magang di September.




Step 1. Booking Kedatangan Imigrasi via hikorea


Sebelum apply, kita perlu booking waktu kedatangan via website imigrasi. Berikut urutannya.

a. Log-in -> Reserve Visit -> Visit Reservation Application -> Fill in the Application Form
   로그인 -> 방문예약 -> 방문예약신청 -> 신청서 작성

b. Isian Application Form (online)
- Pilih 'Task': Change of Visa Status 체류자격변경

- Pilih 'Date of Visit' 방문일자

- Isi 'Purpose of Visit': Apply for D-10 / 방문목적 D-10 변경


Nanti kita akan mendapatkan email / sms terkait tanggal booking dan waktu. Simpan buktinya.
Jika ingin mengganti hari ataupun jam, dapat kembali log-in dan cek di 'My Page', setelah itu silakan ganti ke tanggal yang diinginkan.




Step 2. Siapkan Dokumen-dokumen


Berikut dokumen yang diperlukan untuk apply Visa D-10.

a. Passport dan fotokopi

b. Alien Registration Card (ARC) dan fotokopi

c. Ijazah dan Transkip dari kampus Korea

d. Integrated Application Form (download di website, atau isi langsung di imigrasi)
    Pilih bagian 'Change of Status of Sojourn' atau 체류자격 변경허가

Integrated Application Form


e. Plan for Seeking Employment (download di website atau isi di imigrasi)
Kalau bingung mau isi apa, kira-kira saja mau pekerjaan di mana dan plans-nya apa. Mau tulis perusahaan besar juga tidak masalah. Saya kemarin kira-kira menulis seperti ini:
- 1st month: Writing CV, 자기소개서 
- 2nd month: Apply in application job-seeking
- 3nd month: Join the international job fair
- 4th month: Interview
- 5th month: Internship
- 6th month: Work at ... company

Untuk keuangan, saya menulis seperti yang tertera di buku tabungan walau sebenarnya mereka tidak memeriksa juga. (mohon dicek lagi apakah tahun ini berubah). Saya menulis jumlah cash seperti yang ada di tabungan biasa, dan deposit seperti yang ada di tabungan deposit. Saya tidak menulis bagian credit card maupun remittance.

Plan for Seeking Employment



f. Fee 130,000 won (pay with cash)
Mereka tidak menerima transfer atau gesek kartu, jadi lebih baik bawa cash. Karena nanti pembayarannya ke loket dan mendapat bukti pembayaran.
Uang ini belum termasuk pengiriman ke rumah, apabila kamu ingin ARC D-10nya dikirim langsung ke rumah.


g. Foto terbaru (harus berbeda dengan ARC yang dipegang)
Kalau memang mau coba cari magang di Korea, lebih baik sekalian buat foto terbaru dengan template untuk CV Korea. Karena pas-foto untuk CV Korea akan banyak di-photoshop sedemikian rupa, jadi jangan lupa minta yang original. Original foto untuk apply ARC, dan foto photoshop untuk CV.


**Sertifikasi Lain
Jika punya pengalaman kerja, TOPIK, KIIP, KGSP ijazah dll silakan juga dibawa beserta fotokopinya dan diberikan petugas. Sebenarnya tidak diharuskan saat itu juga, tapi akan lebih memudahkan bila di kemudian hari ingin lapor magang atau kerja di Korea.

***Kontrak Rumah
Berhubung saya pindah kota dari Daegu ke Gwangju dan apply di imigrasi Gwangju, saya juga perlu menyertakan kontrak rumah. Fyi, walau tinggal di gosiwon yang tidak ada kontraknya, tapi ternyata bisa minta ke pemilik rumah untuk kontrak officialnya.



Step 3. Pergi ke Imigrasi sesuai waktu dan tanggal booking 


- Tunjukkan tanda booking di pintu masuk imigrasi, dan ambil nomor untuk antri.
- Setelah dipanggil berikan seluruh dokumen kepada petugas. Selama petugas mengecek berkas, ia akan  meminta kita menuju loket pembayaran.
- Bayar dan dapatkan bukti pembayaran. Apabila ingin ARC dikirimkan via pos, maka akan ada tambahan biaya.
- Bawa bukti pembayaran dan berikan kepada petugas.

Apply Visa D-10 selesai, 5 menit cukup bila dokumen-dokumen di atas sudah disiapkan. Kita akan menyerahkan ARC D-2 dan mendapat kertas ARC sementara. Mohon disimpan dengan baik. Di kertas itu juga tertera tanggal waktu pengambilan ARC yang baru. Silakan menunggu sampai waktu tersebut ya!



Sekali lagi, syarat-syarat dan ketentuan ini berlangsung saat saya apply di Agustus 2020.
Mohon untuk tetap mengecek pihak imigrasi di 1345, bisa tanya syarat dokumen untuk apply D-10 pertama kalinya. Karena siapatau ada update dokumen terbaru saat ini.



Semoga membantu dan good luck!

Gwangju, 31 Agustus 2020.
#applyD10 #visa #southkorea #foreigner 
 

No comments:

Powered by Blogger.