D2 Student Visa Extension by Online

March 27, 2024




Apakah kamu pemegang visa D-2 Student di Korea dan hendak memperpanjang masa tinggal?

Nah, saya merekomendasikan untuk memperpanjang masa tinggal tersebut dengan apply online!
Menurut saya, apply online sangat rekomen dan praktis untuk perpanjang D-2. Kita tidak perlu repot reservasi waktu untuk ke imigrasi dan cukup bertemu dengan pegawai imigrasi satu kali tanpa harus antri.

Maka melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman "bagaimana memperpanjang visa D-2 Student via online" melalui blog ini.



*NOTED*
Cara dan pengalaman yang saya bagikan di sini pada Maret 2024, jadi mohon tetap update dengan peraturan imigrasi karena siapatahu ada perubahan.



1. Prepare your Documents

Walaupun apply perpanjangan via online, kita tetap perlu menyiapkan dokumen pendukung visa student Korea (D-2). Adapun dokumen-dokumen ini nanti perlu disimpan dalam bentuk pdf or jpg, agar memudahkan mengunggahnya secara online.


1. 재학증명서 Enrollment Certificate

2. 성적증명서 Academic Transcript

3. 등록금남입 or 장학수혜증명서 Certificate of Tuition Payment or Scholarship Certificate
Dalam kasus saya, karena saya mendapat beasiswa dari luar kampus (bukan GKS), saya memilih mengunggah hanya Scholarship Certificate.

4. 논문지도·졸업시험·학점취득 지도교수 확인서(국문)
Confirmation Form for Faculty Advisor on a Student's Thesis·Graduation Test·Credit Schedule

Di form tersebut ada pilihan tujuan memperpanjang masa studi, entah karena menambah kredit kelas, ujian kelulusan ataupun menulis tesis/disertasi. Semuanya harus mengisi form tersebut, kemudian ditandatangani oleh dosen pembimbing dan ditandatangani pula oleh PIC International Affairs.

Confirmation Form for Faculty Advisor



5. 수료증명서 Completion of Course Work Certificate
Bagian ini hanya diperlukan bila kita sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan telah lulus ujian kelulusan (comprehensive exam). Biasanya diperlukan bila karena menulis tesis atau disertasi.

6. 기타 (국내체제경비 입증서류 등) Bank Balance Certificate
Jika bukan beasiswa GKS, perlu melampirkan keuangan. Saya mendapat beasiswa namun bukan GKS dan tetap perlu melampirkannya.

7. 정보초청장학생확인서 Global Korean Scholarship(GKS) Certificate
Hanya untuk beasiswa GKS.

8. 체류짖 인증서류 - Residence Document/House Contract (the proof of where you stay)
Saya memilih menggunakan kontrak rumah karena tinggal di one room. Cukup ambil kertas utama yang memperlihatkan periode kontrak dengan nama kita sebagai penyewa rumah.




2. Apply Online via Hi-Korea

Setelah menyiapkan seluruh dokumen, silakan masuk ke website HiKorea dan pilih e-application.

e-application


Jika tidak ada perubahan paspor dll, silakan pilih 'next' langsung.

e-application

Kemudian, kita akan masuk ke bagian 'attach document' yang harus dikumpulkan. Masukkan semua dokumen yang sudah kita siapkan dalam bentuk pdf or jpg. Unggah sesuai dengan jenisnya.

e-application, documents upload



Setelah itu di akhir, kita akan diberikan info untuk membayar 50,000 won sebagai service charge. Selanjutnya kita tinggal mengecek status aplikasi pada 'My Page' di HiKorea. 




3. Walk-in Imigration Office after Get Granted Information

Perlu waktu untuk mendapatkan approved visa, jadi kita tinggal menunggu status applikasi.

Kita akan mendapatkan sms dan email pemberitahuan bila terdapat perubahan dalam aplikasi. Pengalaman saya, saya mendapat sms kalau aplikasi diterima (접수) dan seminggu kemudian mendapat sms dan email kalau aplikasi sudah diapproved(허가). Ini juga dilihat pada My Page HiKorea.


My Page at HiKorea



Apakah kita perlu reservasi untuk mengganti tanggal di kartu ARC? Jawabannya tidak.
Kita tidak perlu reservasi tanggal untuk mengunjungi imigrasi. Langsung saja datang ke lokasi imigrasi yang kita apply.

Information about Period Stay Change


Jadi, sekarang kita hanya perlu menuju ke Kantor Imigrasi sesuai area tempat kita aplikasi. Kalau saya, menuju Kantor Imigrasi Seoul yang berada di dekat Magok Station (line 5). 

Seoul Immigration Office (Magok)



Setelah sampai di lokasi, saya menyampaikan di pintu masuk (informasi) kalau sudah mendapat Approval Perpanjangan visa dan ingin menambah tanggal pada ARC. Saya diarahkan ke loket nomor 11 tanpa perlu antri. Cukup memberikan ARC kepada pegawai dan selesai, periode di belakang ARC sudah ditambah.

Demikian cara dan pengalaman saya memperpanjang D-2 Student Visa secara online.
Praktis dan lebih mudah!



Seoul, 27 March 2024




No comments:

Powered by Blogger.