My Liberation Notes - Cheonan Location

March 19, 2023


Mari berkunjung ke lokasi syuting K-drama 'My Liberation Notes' atau dalam bahasa Korea '나의 해방일지'. Drama ini tayang di tvN dan netflix pada tahun 2022. Lokasi syuting 'My Liberation Notes' banyak mengambil tempat di luar kota Seoul agar bisa memperlihatkan suasana yang tenang dengan view hijau-hijau di tiap sisinya.


Dalam artikel ini, saya hanya membahas lokasi syuting K-drama 'My Liberation Notes' yang berada di kota Cheonan, khususnya Seonghwan Station. Kalau di drama, lokasi ini disebut 'Dangmi Station'. Jadi apa saja yang bisa ditemukan di area ini?



The Filming Location - Seonghwan Station, Cheonan City


1. Dangmi Station, since ep2


Stasiun Dangmi hampir selalu muncul di tiap episode 'My Liberation Notes'. Stasiun ini muncul karena keluarga Mi-jeong menggunakan subway untuk pulang-pergi rumah dan kantor. Keluarga Mi-jeong semuanya bekerja di Seoul, namun tinggal di Provinsi Gyeonggi-do yang terletak di luar Seoul. Anggap saja seperti Jakarta dan Tangerang ya.


Selain background untuk commute keluarga Mi-jeong, di sini juga adegan Gu-ssi yang menunggu untuk menjemput Mi-jeong. Adegan ini terdapat di episode 5.


Ep.5

Ep.9

Ternyata stasiun Dangmi tidak ada di Korea, begitu juga dengan kota Sanpo. Nama asli stasiun ini adalah 'Seonghwan Station' dan berada di Provinsi South Chungcheong, kota Cheonan. Walau berbeda provinsi dengan Seoul namun stasiun ini masih dilalui subway Seoul line 1. 


Bagaimana cara ke sana, silakan lihat bagian 'how to get there' di bawah ya.


The real place: Seonghwan Station (성환역)

Check location click here.

Cheonan-si, Seonghwan-ri 449-128 (충남 천안시 성환리 449-128)



2. Convenience Store, since ep2


Convenience store ini sering muncul sebagai tempat Gu-ssi membeli soju (alkohol Korea). Biasanya Gu-ssi suka membeli 2 botol soju tiap harinya. Tapi perlu diingat, bahwa tidak semua adegan convenience store diambil di lokasi ini.


Untuk adegan convenience store yang memperlihatkan latar belakang stasiun, diambil di area Seonghwan Station. Letaknya hanya berjarak berapa meter dari pintu masuk stasiun.





The real place: Seonghwan Plus Super  (성환플러스슈퍼)

Check location click here.

Cheonan-si, Seonghwan-ri 449-306 (충남 천안시 성환리 449-306)



3. First Date Donkase Restaurant, ep.5


Masih ingat date pertama Gu-ssi dan Mi-jeong, makan bersama di restoran donkase (pork cutlet)? Ini juga ada di episode 5 ya. Lokasinya ternyata di area Seonghwan Station juga. Letaknya berada di sebelah depan kanan pintu stasiun Seonghwan. Selain itu, juga terdapat adegan Sukku yang menunggu bus di sini.


Ep.5

Walaupun di adegan tersebut mereka sedang makan donkase, sebenarnya tempat ini adalah sebuah cafe. Mereka mengambil shot dari dalam dan luar. Shot dari luar terutama karena cafe ini memiliki jendela besar. Nah, nanti kalau ke sini coba foto seperti itu ya.


Main Entrance

Side entrance

Waktu saya dan teman ke sana, ibu pemilik cafe memberikan photo card Gu-ssi (Son Suk-ku) kepada teman saya. Teman saya (kak minjoa) ini memang pecinta berat Suk-ku, jadi dia senangnya bukan main!


Photocard Gifts


The real place: Mun Toast & Coffee  (문토스트커피)

Check location click here.

Cheonan-si, Seonghwan-ri 449-314 (충남 천안시 성환리 성환리 449-314)



4. Cafe, ep.8


Masih ingat adegan Mi-jeong dan Gu-ssi yang berada di cafe tapi duduk berjauhan? Adegan ini muncul di episode 8 pada malam hari. Di mana Mi-jeong duduk di sebelah kiri sambil memegang laptop, dan di sisi kanan Gu-ssi minum bir.


Ep.8



Aslinya lokasi ini masih di area Seonghwan Station. Berada persis di lokasi syuting donkase restaurant. Sayangnya saat kami ke sini, cafe tersebut sedang direnovasi, jadi tidak sempat melihat interior hanya outdoornya saja.



The real place: Why Black Cafe (와이블랙)

Check location click here.

Cheonan-si, Seonghwan-ri 449-312 (충남 천안시 성환리 성환리 449-312)




How to get there?


Cara termudah untuk ke Seonghwan Station (성환역) adalah naik subway maupun kereta mugunghwa dari Seoul. Selain itu, bisa juga menggunakan transportasi apapun dari kota Cheonan menuju stasiun ini. Hal yang perlu diingat adalah Seonghwan Station terhubung dengan subway Seoul line 1. Jadi silakan cek rute linenya.


Seonghwan Station Area


- by Subway line 1 to Seonghwan Station

Seonghwan Station terhubung dengan subway Seoul line 1, sehingga bisa berangkat dari Seoul Station, Sindorim Station ataupun stasiun line 1 lainnya. Positifnya biaya transportasi murah, namun negatifnya adalah waktu tempuh yang cukup lama karena subway harus berhenti di tiap stasiun. Perjalanan memakan sekitar 1 jam 30 menit dari Seoul Station. 


- by Mugunghwa Train to Seonghwan Station

Cara lain adalah menggunakan kereta Mugunghwa dari Yongsan Station atau Yeongdengpo Station. Mugunghwa adalah kereta antar kota pertama yang hadir di Korea Selatan. Selain itu ada ITX, SRT, dan KTX. Jadi kereta mugunghwa adalah kereta paling lambat dibandingkan dengan jenis kereta lainnya. Namun, mugunghwa bisa menggapai stasiun-stasiun kecil yang tidak dilewati oleh jenis kereta antar kota lainnya.


Bila memulai perjalanan dari Yongsan Station atau Yeongdeongpo Station menuju Seonghwan Station, perjalanan tempuh sekitar 1 jam hingga 1jam 10 menit. Namun perlu diketahui bahwa jadwal kereta Mugunghwa ke Seonghwan Station hanya terdapat 4x dalam sehari.


- by Any Transportation from Cheonan City to Seonghwan Station

Karena Seonghwan Station masuk kota Cheonan, maka terdapat beragam akses transportasi dan jarak tempuh yang lebih singkat dari Cheonan. Paling mudah memang naik subway dari Cheonan Station ke Seonghwan Station, hanya 15 menit. Bagi yang berangkat dari Cheonan Terminal, bisa menggunakan bus lokal 100 atau 110, perjalanan 40 menit karena rute bus yang tidak efisien. Atau bisa juga taksi sekitar 20 menit.


Selanjutnya, ke lokasi syuting mana lagi ya?



Cheonan, 17 March 2023

#MyLiberationNotes #나의해방일지 #kdrama

No comments:

Powered by Blogger.