Sinjeon Tteokbokki Museum Daegu

February 12, 2023


Siapa yang belum pernah dengar makanan 'tteokbokki'?


Kelihatannya makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi tteokbokki kini sudah banyak dijual di Indonesia. Tteokbokki adalah makanan Korea berwarna merah yang dikenal dengan sebutan rice-cake. Makanan Korea ini satu ini sering muncul di drama Korea hingga namanya sudah dikenal masyarakat luar.


Ada banyak tempat makan di Korea yang menjual tteokbokki, dari mulai pedagang gerobak hingga rumah makan yang mempunyai brand khusus tteokbokki. Salah satu brand tteokbokki yang terkenal adalah 'Sinjeon Tteokbokki', berasal dari kota Daegu Korea. Sampai dengan artikel ini ditulis, 'Sinjeon Tteokbokki' ini telah memiliki 782 toko franchise di Korea dan luar negeri. Franchise di luar negeri terdapat di US, Australia, Cina, Jepang, Filipin, Vietnam. Untuk Indonesia belum masuk ya.


Kali ini saya mengunjungi museum dari Sinjeon Tteokbokki yang berada di kota Daegu. Makanya museum ini bernama 'Sinjeon Museum'. 


Sinjeon Museum 신전 뮤지움

Wednesday-Sunday, 12:00-17:30 | Adult 10,000 won

1st floor Sinjeon Museum; 2nd floor Office; 3rd floor Sinjeon Ground (rooftop)







1st floor Sinjeon Museum


Ada banyak hal-hal yang bisa dilakukan di lantai pertama ini. Jangan lupa untuk mengambil brosur karena selain berisi tentang informasi dan map museum, namun juga bisa dijadikan stamp tour. Stamp tour di sini berarti menemukan stamp yang terdapat di dalam museum dan kemudian men-cap di brosur tersebut. Jadi, kita bisa menjelajahi tiap tempat di museum ini dengan panduan brosur ini.


Stamp Tour Brosur

Museum dimulai dari penanaman cabai yang menjadi bakal bumbu untuk tteokbokki. Kemudian informasi franchise sinjeon tteokbokki yang dibuat seperti nama penghargaan. Lanjut melihat simulasi proses pembuatan bumbu, dan sampai di bagian experience.


Planting



Franchise


Process of Sinjeon Tteokbokki


Kita bisa mencoba tteokbokki yang telah disediakan oleh museum, yaitu 4 buah tteokbokki dan beberapa gorengan. Setelah itu menuju ke ruang 'My Cup Tteokbokki Factory' yaitu membuat tteokbokki cup sesuai selera. 


Trying Sinjeon Tteokbokki


My Cup Tteokbokki Factory





Di lantai 1 juga terdapat lounge yaitu area beristirahat dan cafe. Terdapat juga tempat game tapi sayangnya banyak mesin yang tidak berfungsi.


Cafe

Menu

Lounge




3rd floor: Sinjeon Ground


Lantai 3 museum adalah rooftop yang dibuat sebagai arena olahraga karena terdapat lapangan futsal, tenis, dan gym, serta race untuk kick-board scooter. Kita hanya bisa menggunakan kick-board scooter secara gratis walau di poster tertulis sewa berbayar. Lapangan futsal, tenis, dan gym diperuntukan untuk karyawan saja.


Kick-board Scooter

Sport Field




Daegu, 10th February 2023

#sinjeonmuseum #sinjeontteokbokki

\

No comments:

Powered by Blogger.