July 24, 2019

Kansai dikenal sebagai jantung budaya dan sejarah Jepang. Dan saya menjatuhkan pilihan pada tempat ini sebagai destinasi perjalanan pertama saya ke Jepang. Kansai berada di area barat Jepang dan memiliki 6 perfektur yakni Prefektur Shiga, Kyoto, Hyogo, Osaka, Nara, dan Wakayama. Nah, destinasi saya hanya di 4 wilayah, yaitu Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe.

Tujuan perjalanan saya ke Jepang bukan semata-mata wisata, melainkan bertemu juga dengan sahabat-sahabat lama. Jadi, saya sengaja tidak membuat itinerary yang padat. Selain berjumpa kawan lama, hal penting lainnya adalah experience ala Jepang dan berkuliner ria!

Enam hari di Jepang dengan 5 hari perjalanan wisata, yuk simak rangkumannya berikut ini!

Day 1-2 Osaka

Saya menghabiskan waktu di Osaka selama 2 hari, namun sesungguhnya bila dipadatkan bisa dikatakan sebagai one day trip. Saya tiba di Osaka pada Hari Pertama di sore hari dan hanya bisa pergi ke satu lokasi. Sehingga saya bergegas menuju hot place-nya Osaka yaitu Dotonbori dan mencoba dinner kushikatsu.

Dotonbori, Glico Sign

Melanjutkan Osaka di hari kedua, saya menggunakan Osaka Amazing Pass (tourist pass). Rekomen untuk dipakai, apalagi bisa dapat gratis tiket masuk di hampir seluruh tempat di Osaka.

Urutan perjalanan Hari Kedua, yaitu Osaka Castle -> Lunch ramen at Kuromon Market -> Museum Osaka Ikeda (membuat cup ramen) -> Umeda Sky Building -> Dinner Chinese Restaurant 551.

Osaka Castle

Day 3-4 Kyoto

Bertolak ke kota lain, saya memilih Kyoto selama 3 hari 2 malam. Maka saya mengambil guesthouse di kisaran Kyoto Station. Setelah meletakkan barang di guesthouse, saya memulai perjalanan di hari ketiga. Nah, saya menggunakan Kyoto Sightseeing Pass 2 Days (tourist pass) selama di Kyoto.

Hari Ketiga: Temple Kiyomizudera -> Samurai Experience -> Lunch Kare -> Kimono Tea Ceremony -> Pontocho Alley

Kimono and Traditional Tea Experience
Pontocho Alley, next to Gion district

Melanjutkan Kyoto di Hari Keempat: Arashiyama Bamboo Groove -> Lunch Tofu -> Gekkeikan Okura Sake Museum -> Fushimi Inari Taisha -> Dinner Soba -> Gion District

Arashiyama Bamboo Groove

Day 5 Nara & Kobe

Bergerak dari Kyoto menuju Nara baiknya memang dari pagi. Berjalan-jalan di Nara saat pagi memang lebih enak, atau bisa meminjam sepeda. Tak perlu menggunakan Nara Pass karena semua dapat ditempuh dengan jalan kaki.

Hari Kelima di Nara: Lunch Udon & Sushi at Naramachi Market -> Kofukuji Temple -> Nara Park -> Yoshikien Garden -> Todaiji Kasuga Taisha

Deer at Nara Park

Saya menyelesaikan perjalanan di Nara sekitar 15.30 dan sudah naik kereta pada 16.00. Awalnya saya akan lanjut mencoba sauna ala Jepang. Namun, seorang teman mengatakan kalau malam hari Kobe sangat apik, sehingga saya memutuskan pergi melihat keindahan malam Kobe.

Evening in Kobe: China Town & Kobe Beef Dinner -> Meriken Park -> Kobe Port Tower

Meriken Park, Kobe

Last Day at Kansai International Airport

Di hari keenam atau hari terakhir saya di Kansai Jepang, saya dan sahabat makan siang terakhir di bandara. Tentu makan siang terakhir di Jepang ini juga harus merupakan menu yang belum pernah saya coba. Maka, okonomiyaki yang merupakan keunggulan kota Osaka menjadi hidangan penutup saya dalam perjalanan kali ini.

Okonomiyaki Osaka

Kansai, 25-30 Juni 2019

*Cerita detail tiap kota dan tourist pass selama perjalanan akan diposting di next blog. Silakan cek juga cara membuat visa ke Jepang di link ini.