Menyapa Pagi di Campuhan Ridge Walk

May 09, 2017
Menyapa Pagi di Campuhan Ridge Walk

Tak ada salahnya menyapa matahari sebelum dia mulai bekerja menerangi seisi bumi. Sebab beraktivitas di pagi hari adalah salah satu cara memberi energi dan semangat pada diri untuk memulai hari.

Campuhan Ridge Walk atau Bukit Campuhan menjadi pilihan saya dan dua teman lain untuk mengawali hari. Bangun pagi, bersiap, dan kami berangkat sebelum matahari terbit kira-kira pk.05.00 WITA. Bahkan pagi ini Ubud masih tampak lengang, yang ada hanyalah masyarakat yang sedang bersiap untuk berjualan di pasar tradisional.


Setibanya di Bukit Campuhan, langit berubah mendung dan hujan turun. Mau tak mau, kami harus berteduh dan menunggu hingga hujan reda. Nampaknya pagi ini matahari belum ingin bangun dari tidurnya.

Campuhan Ridge Walk atau Bukit Campuhan adalah bukit kecil hijau di area Ubud, Bali. Bukit ini memiliki jalan setapak yang biasa digunakan untuk jogging masyarakat lokal maupun turis. Bukit ini tidak tinggi mendaki, ia memiliki jalan yang cukup landai sehingga mudah untuk dilalui. Hamparan hijau dan bunga-bunga kecil serta pemandangan bukit Bali menyertai perjalanan kami di pagi ini. Sambil menikmati angin pagi Ubud, kami berpapasan dengan turis asing yang sedang menyapa pagi dengan jogging. Selain pagi di saat matahari terbit, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat matahari terbenam.


Menyapa Pagi di Campuhan Ridge Walk
Campuhan sebagai tempat berolahraga pagi

Untuk menuju ke Campuhan Ridge Walk tidaklah sulit karena aksesnya yang berada di jalan utama yaitu di Jalan Raya Ubud, berada dekat Pura Gunung Lebah. Jika berangkat dari Pasar Ubud, maka jalan masuk ke Campuhan berada di sisi kanan. Masuklah dari plang bertuliskan 'Ibah', cukup mengikuti jalan yang ditunjuk hingga melihat sekolah. Bila menggunakan kendaraan pribadi, dapat memarkirkan kendaraan di dekat sekolah dan melanjutan perjalanan dengan berjalan kaki.

Menyapa Pagi di Campuhan Ridge Walk
Patokan menuju Bukit Campuhan, dilihat dari Jalan Raya Ubud

Menyapa Pagi di Campuhan Ridge Walk
Ikuti jalan masuk menuju Bukit Campuhan

Menyapa Pagi di Campuhan Ridge Walk
Melanjutkan perjalanan, ambil arah kanan


Bukit Campuhan memang tidak secantik pegunungan atau perbukitan lain di Indonesia yang menawarkan panorama mengagumkan. Tapi, ia bisa menjadi salah satu tempat untuk kita membiarkan diri larut dalam udara pagi, membiarkan kebebasan dan imajinasi berjalan seiring langkah kaki. Inilah cara kami menyapa pagi di Campuhan Ridge Walk.




Campuhan Ridge Walk, Ubud Bali, 2 Mei 2017.

#catatanperjalanan #emmasabatini #travelwriting #travelphotography #campuhan #ubud #bali #sunrise #indonesia

No comments:

Powered by Blogger.