Kim Gwang Seok Street, Daegu

March 24, 2019
Kim Gwang Seok Street Daegu


Kim Gwang Seok seorang musisi asal Daegu, namanya diabadikan pada sebuah jalan yang dindingnya dihias mural. Jalan ini terletak di daerah kelahirannya yaitu Daebong-dong, dan diberi nama "Kim Gwang Seok Street".

Kim Gwang Seok Street (김광석 거리)
Open space in Daebong-dong, Jung-gu, Daegu, South Korea



Kim Gwang Seok Street Daegu
Ilustrasi Panggung Kim Gwang Seok



Siapa itu Kim Gwang Seok?

Terlahir di Daebong-dong, Daegu, Kim Gwang Seok sudah dekat dengan alat musik sejak duduk di bangku sekolah. Pada masa kuliah, ia dan para senior tampil di panggung teater kecil untuk pertama kalinya. Kemudian aktif mengikuti kontes nyanyi, hingga debut single pada tahun 1989. Sejak album pertama hingga empat yaitu tahun 1994, ia aktif melakukan pertunjukkan di Daehak-ro Seoul. Pada tahun 1995, tercatat bahwa Kim Gwang Seok telah melangsungkan 1000 kali pertunjukkan.

Awalnya saya tidak tahu siapa itu Kim Gwang Seok hingga datang ke tempat ini. Sejarah (seperti yang saya tulis di atas) dan perjalanan albumnya tertulis di dinding pintu masuk. Ternyata beliau cukup terkenal di zamannya serta mengangkat nama Daegu sebagai kota kelahirannya. Dedikasinya pada seni terutama musik, meningkatkan keberanian musisi jalanan untuk mengembangkan karyanya.


Kim Gwang Seok Street Daegu
Panggung Pertunjukkan

Salah satu hal yang terkenal di jalan ini adalah Kim Gwang Seok's Singing Contest yang diadakan biasanya pada musim gugur. Acara ini bertempat di panggung pertunjukkan atau bisa juga di downtown Daegu, Dongseong-ro. Selain kontes tarik suara, panggung pertunjukkan biasanya ramai pada sore akhir pekan, entah diisi event atau sekedar kumpul komunitas.


Kim Gwang Seok Street Daegu
Salah satu musisi jalanan

Namanya juga jalanan seni, tak afdol kalau tidak ada musik yang mewarnai jalan ini. Walau sepanjang dinding ini diperdengarkan lagu Kim Gwang Seok lewat speaker, namun ada juga musisi jalanan yang menggelar 'konser mini' nya di sini. Di Korea, 'konser mini' seperti di tempat seni seperti ini sudah biasa, karena mereka benar-benar tampil all-out. Dari mulai pakaian, alat musik, hingga pengeras suara sendiri. Kebanyakan tujuan utama bukan untuk mencari uang on the spot, namun untuk eksistensi mereka di publik karena biasanya 'konser mini' ini direkam dan dimasukkan ke dalam sosial media personal atau siapatahu produser rekaman ada yang tertarik!


Oh ya, dinding Kim Gwang Seok Street juga dihias dengan mural. Tak hanya tentang Kim Gwang Seok, tapi juga atribut-atribut seni lain yang mengundang hati untuk berfoto. Pantas saja tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Korea yaitu 'Oh My Venus'.

Kim Gwang Seok Street Daegu

Kim Gwang Seok Street Daegu

Kim Gwang Seok Street Daegu

Kim Gwang Seok Street Daegu
Ada pesan yang ingin disampaikan?

Sebagai tempat wisata, jalan ini tentu punya pemanisnya. Persis di depan dinding berhias mural, sepanjang Kim Gwang Seok Street terdapat bermacam kafe, snack shop, pernak-pernik, hingga rumah makan BBQ usus daging babi (곱창막창). Yang lelah, bisa mampir sejenak di kafe ataupun shop-shop tersebut.


Kim Gwang Seok Street Daegu
Salah satu snack shop, kafe, pernak-pernik


Setelah satu garis lurus ini selesai, jangan lupa untuk naik ke jalanan atas dekat dengan jalan raya. Walaupun hanya pedestrian untuk pejalan kaki, namun taman mini ini masih berkaitan dengan Kim Gwang Seok serta menampilkan beberapa karya seni.

Kim Gwang Seok Street Daegu
Replika besar gitar Kim Gwang Seok

Kim Gwang Seok Street Daegu
Jalan pedestrian

Kim Gwang Seok Street Daegu
Wish Message

Salah satu karya seni yang menarik mata saya adalah 'Wish Message' (소원매시지). Percaya atau tidak, tapi kawat yang melintang itu dibuat dari roda sepeda. Di bagian penjelasan tertulis "소망 담는 자전거" yang berarti "Harapan yang tertulis pada sepeda". Tertarik untuk menggantungkan harapan di sini? Pulpen dan post mini sudah tersedia, jadi silakan gantungkan harapanmu!



How to get there?

Sangat mudah untuk sampai ke tempat ini. Silakan turun di subway line 2 yaitu Kyungpook National University Hospital Station, keluar exit 3 dan berjalan lurus mengikuti jalan besar sekitar 10 menit. Pintu masuk Kim Gwang Seok Street berada di sebelah kanan, persis sebelum perempatan jalan besar. Ingat, ikuti jalan besarnya saja ya!

Kim Gwang Seok Street Daegu how to get there





Kim Gwang Seok Street Daegu



"바람이 불어오는 곳 그곳으로 가네
그대의 머릿결 같은 나무 아래로"


Setelah dengar lagunya ternyata baru sadar saya sudah pernah dengar lagu ini sewaktu kerja dulu. Bahkan lagu ini dipelajari sama bapak-bapak Indonesia waktu acara anniversary kantor.

Ternyata kita sudah berkenalan dari 2 tahun lalu ya, Kim Gwang Seok! Sampai jumpa lagi!











Daegu, 28 Oct 2018 & 18 March 2019
#kimgwangseokstreet #daegu #korea #colorfuldaegu

No comments:

Powered by Blogger.