Kaleidoskop Positif 2017

January 13, 2018
Kaleidoskop Positif 2017: Wermenu, Kaimana


Ketika 2018 datang dan bersiap dengan segala resolusi, lalu lantas melupakan masa lalu?

Masa lalu adalah sejarah. Ia tidak bisa dihapus dan terus melekat. Menjadikan masa lalu sebagai memori atau mimpi buruk itu terserah pilihan masing-masing. Saya memaknai masa lalu sebagai pembelajaran, entah itu kenangan baik atau buruk.


Mengulang kembali masa, demikan Kaleidoskop Positif 2017 saya selama satu tahun silam.


1. INDONESIA TIMUR: Kaimana, Papua Barat

Menjejakkan kaki di Wilayah Indonesia Timur (WIT) merupakan pencapaian terbesar dalam satu tahun saya. Ini adalah mimpi yang telah dipupuk sejak akhir 2016. Mimpi itu kemudian saya tulis pada mading mimpi yang diletakkan di depan tempat tidur. Setiap pagi bangun dan malam menjelang tidur, melihat mimpi ini menjadi rutinitas. "Saya harus pergi ke sana," janji kepada diri sendiri.

Oktober 2017 mimpi itu terwujud. Saya menjatuhkan pilihan pada Kaimana, Papua Barat. Bandara Rendani di Manokwari mengucapkan selamat datang, menyapa matahari pagi di bagian Indonesia Timur. Karena tidak ada penerbangan langsung menuju Kaimana, maka saya sempatkan menjelajah Manokwari dalam beberapa jam. Begitu pula saat meninggalkan Kaimana, saya sempatkan dulu menikmati Kota Sorong.

Kaleidoskop Positif 2017: SD YPK Wermenu, Kaimana
SD YPK Wermenu, Kaimana Papua

Alasan saya ke Kaimana sederhana, saya ikut dalam kegiatan sosial bersama Kelas Inspirasi Kaimana 2 untuk berbagi mimpi dan cita-cita di SD YPK Wermenu, Distrik Arguni Bawah. Terlalu banyak hal positif yang saya dapatkan. Ini bukan hanya kesempatan menikmati keindahan alam Papua Barat, namun lebih dari itu, saya memiliki keluarga baru. Keluarga Kaimana, dan tentunya para relawan yang datang dari berbagai daerah di luar Papua.



2. TOPIK - Test of Proficiency in Korea (한국어능력시험): Level 5

Jika bahasa Inggris memiliki tes kemampuan bahasa seperti IELTS, TOEFL, dan sejenisnya, bahasa Koreapun demikian. TOPIK singkatan dari Test of Proficiency in Korea adalah tes kemampuan bahasa Korea. Terdapat 6 level, di mana level 1 adalah yang paling kecil hingga level 6 yang tertinggi.

Sebagai lulusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, menjaga dan mengasah kemampuan bahasa Korea adalah kewajiban saya. Bersama dengan tiga teman lain yang satu misi, kami mulai belajar bersama tiap hari Senin. Menanamkan keyakinan dan belajar persiapan tes hingga akhirnya membuahkan hasil! Yeay, saya mendapatkan TOPIK Level 5! Perjuangan tercapai!

So, next TOPIK level 6?




3. KIJP Kabinet #BerlayarMakinAsyik

Menjadi bagian dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) sejak batch 4 membawa kecintaan saya pada dunia sosial terutama anak-anak. Sebagai relawan pengajar, saya pernah mendapat tugas berbagi inspirasi ke pulau Panggang, Kepulauan Seribu dan Pulau Panjang, Banten.

Tahun 2017 saya dipercaya menjadi bagian dari Kabinet #Berlayar Makin Asyik. Kabinet di sini sama seperti pengurus. Dalam kepengurusan KIJP, saya mendapat amanat dalam Divisi External Affair, pada Web Content & Developer. Kemampuan menulis diasah dan mulai terlatih melalui berbagai deadline tulisan serta Newsletter KIJP. Saya juga mulai memahami cara kerja website dan program lain di dalamnya.

Masih ada 4 bulan lagi menjelang akhir kepengurusan di Mei 2018, tetap semangat berkarya!

Kaleidoskop Positif 2017: Kabinet KIJP
Kabinet KIJP #BerlayarMakinAsyik




4. START to be BLOGGER

Perjalanan saya ke Bali pada Januari dan Mei 2017 membawa saya pada kekayaan sejarah dan budaya masyarakatnya. Kedatangan di Bali memang bukan kali pertama, tapi ini menjadi pertama kalinya bagi saya menyelami kisah masyarakat Hindu di tanah Dewata.

Menyapa pagi di Campuhan Ubud, melihat proses Upacara Odalan Pura Kehen, mengetahui sejarah Klungkung, hingga ikut Melukat di Pura Tirta Empul. Kehausan untuk tetap menyimpan memori, menjadikan saya mulai mengaktifkan blog sebagai wadahnya. Berjanji kepada diri untuk serius menulis sebagai seorang blogger. Foto memang kenangan, namun cerita tak akan hilang melalui sebuah tulisan.

Kaleidoskop Positif 2017: Klungkung Bali
Kertha Gosa, Klungkung Bali

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. -Pramoedya Ananta Toer-


5. JELAJAH BANTEN

Bisa dibilang tahun 2017 adalah tahun bagi saya menjelajah banyak tempat. Apalagi karena bekerja di Cilegon, membuat saya penasaran dengan wisata dan isi area satu ini. Dekat dengan Anyer dan Merak, tentu laut sangat mudah untuk dikunjungi. Pulau Tiga di Karangantu, Gunung Pinang di Serang, Festival of Light di Cilegon, serta Anak Krakatau menjadi tujuan penjelajahan saya di tahun 2017 bersama nong-nong banten.

Suatu tempat pasti memiliki hal yang dapat dinikmati, tidak melulu harus keindahan alam. Jika bukan wisata, mungkin tempat tersebut memiliki keunikan lain seperti kuliner ataupun budaya.

Berani untuk eksplorasi tempat lainnya?

Kaleidoskop Positif 2017: Pulau Tiga Banten
Wisata Pulau Tiga, Serang Banten




Berbagai hal yang telah dilewati di 2017, membawa saya kepada pemantapan diri dan kesiapan menyambut Resolusi 2018. Terima kasih telah menjadi tahun yang positif bagi saya!

Selamat tinggal 2017, selamat datang 2018.




#kaleidoskop #pencapaianpositif #emmasabatini #blogger #personal #2017


4 comments:

  1. Kaleidoskop 2017 lo amat sangat bermanfaat yah, enggak hanya utuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Semangat sebarkan semangat positif di 2018 cil!!!

    www.chocodilla.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Kak Emma selalu kereeeeen! Senang bisa satu tim denganmu, Kaaakk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu jg keren kak!! Selalu suka sm semangatmu ^^

      Delete

Powered by Blogger.