Cerita di Balik Lensa KIJP: Pameran Foto & Video

January 21, 2018
Cerita di Balik Lensa KIJP: Pameran Foto dan Video KIJP

Jika semua orang bisa mengungkapkan isi hati dan pikirannya lewat perkataan, pasti indra pendengar manusia sudah sangat terlatih. Namun kenyataannya, manusia tidak se-homogen itu. Keragaman membuat kita menggunakan bermacam indra untuk mengutarakan emosi. Salah satunya lewat sebuah karya.

Karya yang berasal dari sebuah lensa, bernama foto dan video. Inilah kreasi anak bangsa, yang mengungkapkan cerita Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) Batch 6 lewat karya para dokumentator.

Para dokumentator KIJP, baik fotografer maupun videografer, merupakan relawan yang selama ini berada di balik lensa. Mereka terjun dalam kegiatan, berinteraksi dengan anak dan masyarakat pulau, namun tak terdengar dan tak terlihat. Hanya foto dan video yang terkenang sebagai "mata" dan "memori" KIJP.

Cerita di Balik Lensa KIJP: Pameran Foto dan Video KIJP

Cerita di Balik Lensa KIJP: Pameran Foto dan Video KIJP


Apresiasi diberikan kepada para dokumentator KIJP melalui Pameran Foto & Video KIJP 2018 "Nusantara adalah Kita". Dari 2304 foto yang terkumpul dari relawan fotografer KIJP Batch 6, dikurasi dan terpilih 60 karya. Pameran ini diselenggarakan di Jakarta Creative Hub, dari 20-27 Januari 2018 pk.10.00-18.00 (Minggu tutup).

Pameran Foto & Video KIJP 2018 merupakan kegiatan tahunan KIJP dan lanjutan dari Batch 6 #AnakSantunItuKeren. Mengusung tema "Nusantara adalah Kita", berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu nusa (pulau) dan antara (seberang). Sehingga bila digabungkan menjadi "nusantara" yang berarti kepulauan di seberang atau antara dua samudra dan dua benua. Hal ini layaknya kegiatan KIJP yang menjelajahi kepulauan dan menginspirasi anak-anak Indonesia.

Dita Alangkara, salah satu Kurator Pameran menegaskan, "Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau bukan komunitas fotografi, tapi barangkali komunitas ini justru punya jawaban untuk keresahan ini. Menikmati frame demi frame foto para dokumentator yang masuk dalam kurasi pameran KIJP adalah proses yang sangat menyenangkan. Terasa sekali energi yang disalurkan lewat foto-foto tersebut. Foto senyum ceria anak-anak, keluguan, dan kepolosan mereka betul-betul dapat kita rasakan melalui media visual foto. Tidak ada street photography dengan kontras tinggi, tidak ada foto kaum urban dalam pocket of lights di jalanan metropolitan dan tidak ada foto-foto sunset indah dengan siluet anak-anak bermain bola, tapi semua mengalir membawa kita ke tempat di mana foto itu diambil."

Foto-foto para dokumentator juga dirangkai dalam sebuah buku, yang berjudul sama dengan sang tema.

Cerita di Balik Lensa KIJP: Pameran Foto dan Video KIJP
Salah satu karya dokumentator KIJP @faqihnashir

"Bagaimana kegiatan KIJP dengan anak-anak dan masyarakat pulau, bagaimana pula kondisi pulau yang sesungguhnya, sulit untuk diungkapkan lewat kata. Biarlah kamera yang menceritakannya," jawab Kak Irfan Oktavian salah satu relawan dokumentator KIJP ketika diminta pendapatnya soal kegiatan Batch 6 lalu.

Saya pribadi juga terlibat dalam komunitas ini, sebagai relawan pengajar. Sering saya penasaran dengan isi pikiran para dokumentator yang tidak banyak bicara, namun tak berhenti ikut kami berkegiatan dengan anak-anak dan masyarakat, sambil membawa kamera maupun video recorder-nya. Hasil karya mereka selalu dinanti, karena banyak kisah yang tidak dapat diceritakannya langsung. Dengan adanya pameran ini, paling tidak saya juga bisa masuk dan merasakan kisah anak-anak pulau yang terekam oleh lensa para dokumentator KIJP.

Cerita di Balik Lensa KIJP: Pameran Foto dan Video KIJP


Cerita inspirasi anak kepulauan Indonesia kini dapat dinikmati siapapun, tak ada batas ataupun larang. Biarlah indra membawa imajinasi kita untuk ikut menjelajahinya. -emmasabatini-




#kijp #jelajahpulauid #pameranfotovideokijp #nusantaraadalahkita #berlayarmakinasyik #jakartacreativehub #gerakansosial #komunitas #socialact #kontribusiuntukindonesia

2 comments:

  1. Foto yang lolos kurasi keren-keren ya. Huhuhu pengin liaaatttttt

    ReplyDelete

Powered by Blogger.