Episode 4, Spesial Episode : Buntupune, Toraja

March 23, 2016



Menjadi bagian dari relawan Kelas Inpirasi Toraja Utara, saya mendapat kesempatan untuk dapat hidup bersama penduduk lokal serta menginap di kawasan rumah adat tongkonan yang berlokasi di Buntupune, Toraja. Dari semua hal yang saya alami, tempat yang paling berkesan adalah Buntupune. Keluarga baru dan pengalaman yang tidak ternilai harganya, saya dapatkan di tempat ini.




Bersama dengan para relawan yang datang dari luar Pulau Sulawesi, kami diperbolehkan menginap di Buntupune. Buntupune adalah salah satu situs sejarah Toraja yang telah menjadi saksi dari perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajahan Belanda. Awalnya Buntupune dibangun sebagai tempat beristirahat seorang pemimpin yang dipanggil Siambe Pong Maramba, bersama keluarganya. Pada masa penjajahan dulu, bukit/batu karts Buntupune digunakan untuk benteng pertahanan dan pengintaian jarak jauh kepada musuh.


Saya berkenalan dengan kak Marla dan keponakannya, Ima, keluarga yang menjaga Buntupune. Mereka sungguh membukakan pintu serta tangan menerima kami para pendatang ini. Cerita demi cerita kami habiskan saat makan bersama ataupun malam hari menjelang tidur. Dari cerita itu, saya tahu bahwa Buntupune banyak dikunjungi oleh para arkeolog dan turis yang tertarik dengan suasana asli rumah Toraja. Buntupune bukan tempat wisata terkenal layaknya Kete Kesu, namun kehangatan dan kebersamaan yang diterima menjadikan tempat ini berbeda.

Terimakasih keluarga Buntupune, terimakasih Toraja yang telah memberikan kehangatan dan tangan terbuka menerima saya dan rekan-rekan lainnya.

Keluarga Buntupune, Para Relawan, dan Saya

Tongkonan Buntupune tampak dalam


A photo posted by Emmanuela Sabatini (@emmasabatini) on

No comments:

Powered by Blogger.