Sekilas tentang KIJP dan Relawan Panggang Batch #4

November 10, 2015
Sekilas tentang KIJP dan Relawan Panggang Batch #4


Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) adalah sebuah komunitas yang memiliki konsep dasar yang sama seperti Kelas Inspirasi, yaitu satu hari mengajarkan profesi di suatu kota di Indonesia. Namun KIJP mengambil lokasi di kepulauan Indonesia, di mana hingga tahun 2015 ini lokasi mengajar bertempat di Kepulauan Seribu, Indonesia.


Tahun 2015 ini, KIJP Batch 4 memiliki 9 pulau penugasan, yaitu Untung Jawa, Tidung, Lancang, Payung, Pari, Pramuka, Panggang, Harapan, Kelapa. Pulau Untung Jawa merupakan tempat penugasan baru, yang menandakan bahwa adanya kemungkinan akan ada pulau-pulau baru selain pulau tersebut. Bahkan, tak menutup kemungkinan layar KIJP akan berkembang hingga ke luar Pulau Jawa!

Apakah kegiatan mengajar di KIJP hanya sekedar kelas inspirasi? Tentu tidak. Yang membedakan dengan kelas inspirasi umumnya, KIJP membawa 3 concern bukan hanya kepada sekolah tapi juga kepada masyarakat dan lingkungan. 
Kegiatan di sekolah sudah diwujudkan dalam bentuk kelas inspirasi yang berlangsung satu hari. Kelas ini diadakan hari Senin bertepatan dengan hari upacara, masing-masing relawan bergantian mengenalkan profesinya kepada siswa-siswi di kelas dengan bahan ajar yang disiapkan oleh relawan itu sendiri. 

Nah, biasanya di akhir kegiatan kelas inspirasi dikerucutkan dengan penggalian cita-cita siswa entah dituliskan dalam sebuah pohon cita-cita ataupun kapsul surat. Kegiatan ini bertujuan untuk memacu mereka untuk bermimpi dan bercita-cita tinggi sebagai generasi penerus bangsa yang akan memimpin Indonesia. 

Mimpi bukan hanya milik mereka yang hidupnya berkecukupan, tapi milik setiap orang yang berani untuk maju. -emmasabatini-

Selain sekolah, kegiatan untuk masyarakat dan lingkungan juga dilakukan dengan mengangkat tema yang menjadi kepedulian atau mata pencaharian masyarakat di pulau tersebut. Kemasan kegiatan bagi masyarakat dan lingkungan disusun oleh para relawan pulau itu sendiri dengan melihat kondisi riil masyarakat di pulau tersebut, kegiatan bisa dikemas dengan relay race atau festival atau bahkan nonton bareng.

Misalnya di Pulau Panggang tempat saya ditugaskan, kami membuat semacam festival. Salah satunya dengan kelas dagang yaitu bagaimana cara mempromosikan dan mengemas barang dagangan agar lebih menarik untuk dijual. Sayangnya kelas ini kurang diminati oleh masyarakat setempat karena tanpa kemasan menarikpun barang dagangan sudah laku terjual tiap harinya. 


Lain cerita dengan kelas rias, yang justru malah ramai dikunjungi oleh ibu-ibu serta remaja. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Pulau Panggang peduli dengan kecantikan dalam sebuah balutan riasan wajah. Inilah tugas relawan KIJP untuk terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan pulau dan memberikan kontribusi nyata dan positif untuk kemajuan SML (sekolah, masyarakat, dan lingkungan).



Relawan Tim Panggang, SDN Panggang 01 & 03

Saya menjadi bagian sebagai relawan KIJP Batch 4 di Pulau Panggang. Kami menjejakkan kaki di Pulau Panggang dengan berbagai macam ide dan inspirasi, yang dihadirkan dalam Festival Panggang dan Kelas Inspirasi 11-12 Oktober 2015. Cerita tentang kegiatan di Pulau Panggang bisa dilihat pada 
Sebuah Cerita di Balik Pulau Panggang.

Apakah hanya sekedar menginspirasi siswa-siswi, masyarakat, dan lingkungan? Tidak. Lebih tepat dikatakan saling menginpirasi : kami untuk Pulau Panggang dan Pulau Panggang untuk kami. Dan saya-pun terinspirasi oleh para relawan Panggang batch 4 ini.


Inilah rekan-rekan relawan Pulau Panggang Batch 4, yang tak berhenti menginspirasi.

Astari Widiastomo (by @caron_toshi)
Aditya Wardhana (by @caron_toshi)
Anggriawan Sugianto (by @caron_toshi)
Asta Dewanti (by @josefwattimena)
Bono Pranoto (by @josefwattimena)

Caron Toshiko M. (by @josefwattimena)


Saya sendiri (by @caron_toshi)


Endahing Noor I. (by @teenztin)
Mita Charirunnisa (by @josefwattimena)


Navyk (by @teenztin)


Josef Wattimena (by @caron_toshi)
 
Dhimas Yudho (by @caron_toshi)
Hanna Merliandra (by @teenztin)


Harining (by @teenztin)
Martinus (by @josefwattimena)
Inez Febiola (by @teenztin)


Hessah Ghalib (by @josefwattimena)



Sari Siregar (by @josefwattimena)


Fitri Dianasari (by @josefewattimena)


Rendhy (by @josefwattimena)


Rezki Ramadhani (by @caron_toshi)
Wenny Hikmah (by @josefwattimena)


Sonny Satriyono (by @josefwattimena)


Chintia NF (by @teenztin)


Martini (by @josefwattimena)
Wendy Berlianti (by @josefwattimena)


Yudi (by @teenztin)


Yusuf Putra (by @josefwattimena)

Sunrise Pulau Panggang (by @caron_toshiko)


Memberi bukan menerima, aksi nyata bukan sekedar komentar. Berkarya untuk Indonesia." -emmasabatini-


Hasil karya rekan-rekan relawan, Pulau Panggang batch 4



#kijp #kijp4 #jelajahpulauid #pulaupanggang #SeribuIsland #Indonesia

No comments:

Powered by Blogger.