Lembah Karmel, Cipanas

September 08, 2011

Lembah Karmel adalah wilayah gereja Santa Theresia beserta parokinya. Areanya sangat luas, hingga terdapat goa maria dan pemberhentian jalan salib. Pantas saja banyak orang yang datang ke sini untuk ziarah dan jalan salib. Bisa dibilang bulan Maria (Mei dan Oktober) serta Pra-Paskah adalah waktu terbanyak orang-orang datang ke Lembah Karmel ini.

Lembah Karmel berada di Jl. Mariwati, Cipanas. Masih lurusan dari Taman Bunga Nusantara. Makanya, udaranya sejuk! Oh ya, jangan khawatir bila perut terasa lapar, karena di sini terdapat kantin juga untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga.


Rute Jalan Salib yang terdapat di Lembah Karmel.
 
Jalan Salib Pemberhentian I
Jalan Salib Pemberhentian 12

Pemberhentian 15 'Yesus bangkit dari kubur'



Setelah menyelesaikan jalan salib, perjalanan mengarah ke sebuah tempat yang sedikit menanjak. Tidak terlalu kelihatan, tapi di atas ini ada ruang kecil untuk berdoa pribadi.
tampak depan dengan tangga


Tentunya yang menjadi tujuan utama para umat ke tempat ini adalah beribadah di gerejanya. Pada minggu tertentu juga ada Misa Penyembuhan, dan cukup banyak umat yang sengaja datang jauh-jauh untuk mengikuti misa ini.

  Gereja Lembah Karmel yang terdapat di bagian belakang, setelah parokinya.
Goa Maria Lembah Karmel


Tentu saja akan lebih enak bila datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi atau charter bus bersama. Namun, jika iseng atau ingin 'ngeteng', kira-kira ini kendaraan umum yang tersedia dari Jakarta menuju Lembah Karmel
  • naik bus via Puncak dari Kp. Rambutan (bus apa aja,, biasanya ke Garut, Cianjur, Tasik). Turun di Pasar Cipanas. Naik angkot kuning jurusan Mariwati, turun di jalan menuju Lembah Karmel, lanjut ojek. *kadang2 angkotnya mau langsung ke Lembah Karmel.
  • naik bus ke arah Cianjur (kl puncak macet) dari Lbk bulus atau Kp. Rambutan, turun di Cianjur. Lanjut bus biru jurusan Cipanas turun di Pasar Cianjur. selanjutnya sm seperti di atas.
  • naik bus ke arah Ciawi (Lbk bulus-parung indah). Turun Ciawi, naik angkot jurusan Cipanas. Lanjut sperti di atas.
Cara ini juga sama untuk jalur pulang, namun perlu diingat bahwa musim liburan akan sangat macet sehingga lebih baik datang menghindari jalur puncak.

Dari Pasar Cipanas banyak angkot yang mengubah rute menuju Bogor atau Ciawi.
Kemarin waktu saya pulang dari sana, Cipanas-Ciawi 20ribu..
Powered by Blogger.